Thursday 28 November 2013

Mie Goreng Belerang


Bukan sis, ini bukan endorsement.

Entah kenapa setiap kali ngeliat bungkus Indomie goreng rasa cabe ijo ini saya selalu pengen ketawa. Semuanya bermula ketika saya, dengan sotoynya, mencampur Indomie goreng rasa cabe ijo dengan Indomie goreng original.
Waktu itu (lupa tepatnya kapan sih, semester 3 bukan ya?), saya dan teman-teman Blockade pergi liburan ke Sari Ater. Semacam selebrasi setelah berhasil melewati masa Ujian Akhir Semester dengan selamat. Cuma 2 hari satu malam. Disana kami menginap di salah satu villa yang lumayan deket dari Sari Aternya. Berangkat dari Jatinangor sekitar jam 9 pagi, naik Damri sampai Dipatiukur, lalu dilanjut dengan naik angkot sewaan sampai Sari Ater. Sampai disana anak-anak pada sibuk masing-masing. Ada yang main kartu, ada yang main gitar, ada yang foto-foto, ada yang tidur, dan sebagainya. Saya sendiri termasuk golongan orang yang main kartu, barengan sama Bombom, Ogi, Dinan, Nca, Idaho.
Nih foto-fotonya

Dinan lagi ngangkutin kayu buat api unggun.




Mungkin mereka galau..

 Ini di pintu masuk Sari Ater.

Riri dan Idaho.

 Riri dan Jyina.


Dapet hukuman harus pakai helm gara-gara kalah main kartu.

Kenalin guys, ini Kristo. Cowok paling cantik se-Sastra Inggris.

Setelah puas main-main di sekitar villa, kita lanjut main bakar-bakaran. Bakar jagung doang sih. Tadinya mau ada api unggun biar keren gitu, tapi sayangnya pas waktu itu angin di daerah sana lagi kenceng banget, terus Bapak penjaganya bilang kalau kami nyalain api unggun, takutnya nanti serpihan apinya terbang kemana-mana dan bisa nempel di atap warung-warung yang ada di bawah terus bisa menyebabkan kebakaran. Jadinya kita mutusin buat bakar jagung aja.
Dan ternyata nyalain api pake areng itu ngga segampang yang biasanya kita lihat di tukang sate. Butuh waktu lebih dari 3 jam buat nyalain apinya, segala macam cara udah dicoba sampai akhirnya kami menyerah dan mutusin buat pake bensin, biar cepet gitu ceritanya.

Para pembuat jagung bakar. Dinan, Nday, Nenek, Putbats, Teh Tsan, dan Riri.



Ean yang bertanggung jawab di dapur buat goreng sosis.

Setelah beres makan jagung dan sosis goreng, kami ngumpul di ruang tengah. Buka forum gitu, sekitar jam 1an. Banyak yang ngga sanggup dan milih buat tidur, tapi banyak juga yang ikut. Waktu itu kami buka-bukaan soal semua permasalahan yang ada di kelas, semuanya ngeluarin unek-uneknya masing-masing. Tapi karena udah pada ngantuk jadinya forumnya pun agak sedikit ngga jelas.

 Suasana forum tengah malam.

Mukanya muka bantal banget.

Setelah selesai forum, semuanya masuk kamar masing-masing. Kamarnya cuma ada 3, kami waktu itu ada 17 orang. 1 kamar cuma muat buat ber-4 (ada yang dempet-dempetan sampai ber-5 bahkan.), jadinya ada beberapa orang yang ngga kebagian tempat buat tidur, Bombom, Dinan, dan saya sendiri. Ogi juga ngga tidur dikamar sih, tapi dia beruntung karena dapet kursi panjang yang ada di ruang tengah.
Terus Dinan bilang kalau dia lapar. jadi kami mutusin buat bikin mie buat ganjel perut. Dan disinilah semuanya bermula..
Karena wajan buat ngerebus mienya kotor, jadinya harus dicuci dulu (you don't say, huh?). Dinan kebagian tugas buat nyuci wajannya, dan karena air dari keran cuci piringnya mati, jadinya dia nyuci wajannya di bak mandi (bukan bak mandi sih, semacam tempat berendam gitu, yang ada air panasnya.). Kendala pertama, sabun colek yang dipakai buat nyuci wajannya nempel-nempel ditangannya si Dinan, jadi lengket gitu kayak minyak, kurang paham juga sih kenapa, mungkin karena ngebilasnya pake air hangat langsung dari pancurannya. Lalu, saya pun dapat ide cemerlang.
"Nan make cai eta we, pan haneut jadi meh tereh panas. Cai nu biasa mah tiis pisan jiga es." ('Nan, pakai air yang itu aja, kan hangat jadi biar cepet panasnya. Air yang biasa kan dingin banget kayak es.').
Dinan pun nurut, sempet ragu juga sih doi, tapi mungkin karena dia udah lapar banget jadinya dia iya-in aja. Saya bagian masak mienya. Kebetulan kami bawa mie yang rasanya beda-beda. Dinan sama Bombom bawa yang original, saya bawa yang rasa cabe ijo, jadinya digabung semua bumbunya. Saya sih mikirnya waktu itu rasanya bakal sama aja, tapi ternyata.. yah..
Setelah mienya mateng, Dinan jadi orang yang pertama nyobain. Pertamanya sih dia makan makan aja, tapi lama-lama mungkin kerasa aneh, dia nanya, "Ri, mie goreng sambel ijo rasana emang haseum?" ('Ri, mie goreng sambel ijo rasanya emang asem?'). Terus Bombom juga nyobain dan dia juga ngeiyain kalau rasanya emang agak asem. Saya juga makan terus mikirnya mungkin karena dicampur-campur rasanya jadi agak aneh. Tapi karena Dinan lapar, jadinya dia makan mienya sampe abis.
Saya, Bombom, dan Dinan jadi 3 orang yang begadang malam itu. Bener kata orang, obrolan paling serius itu emang obrolan di jam-jam segitu. Semuanya cerita soal kisah cintanya masing-masing. Sampai akhirnya sekitar jam 4 subuh, teh Tsania, yang paling rajin dan paling soleh, bangun buat solat subuh. Akhirnya dia gabung juga ngobrol sama kami bertiga. Setelah saya selesai cerita, dan mendengar kalimat "ih sia watir amat sih." berkali-kali, Teh Tsania cerita soal kisahnya sama yayangnya yang sekarang.
Fyi aja nih, teh Tsania itu suaranya lembut banget, terus dia ngomongnya pelan-pelan, and that sounded like a lullaby for the sleepless us. Berkali-kali saya hampir ketiduran karena denger ceritanya teh Tsania (kalau teh Tsania baca, itu bukan karena ceritanya boring teh, tapi karena saya ngantuk dan suara teteh terlalu lembut.), tapi cute aja gitu dengernya. Teh Tsania itu dulunya tinggal di pesantren, jadi dia harus curi-curi gitu kalau mau ngeliatin yayangnya. And the good news is, THEY ARE GETTING MARRIED!!!!
Setelah semuanya selesai cerita, sekitar jam 6 pagi, temen-temen yang lain pada bangun juga dan pada keluar kamar. Saya sendiri udah ngantuk berat dan ngga tahan lagi jadinya ketiduran di kursi, Bombom sama Dinan juga sama. 3 jam kemudian saya bangun, Bombom udah pindah ke kamar, si Dinan tidur di kursi bekas Ogi.

Dinan lagi tidur. Fyi, yang pake kerudung oranye garis-garis itu teh Tsania.

Singkat cerita, Dinan mandi. Setelah selesai mandi, saya, Bombom, dan Dinan ngobrol di teras villa. Terus Dinan bilang, pas dia sikat gigi, dia kumur-kumur pake air anget dari keran yang di tempat berendem, dan rasanya.. asem. Dan habislah saya disalahin sama dia gara-gara masak Indomie pakai air belerang. Untungnya sampai sekarang Dinannya masih hidup dan masih sehat wal'afiat (meskipun dia keukeuh saya harus tanggung jawab kalau-kalau beberapa tahun kemudian efek makan mie pake belerang baru keliatan). Jadilah sampai sekarang kalau saya mau bikinin mie buat temen-temen yang lain Dinan sama Bombom selalu bilang, "Jangan. Nanti mienya rasa belerang."
Yah, pesan moral dari cerita ini cuma satu; jangan sotoy.

No comments:

Post a Comment